Story Travelling

Puncak Batu Tumpuk Gunung Bongkok yang Memukau

Rutinitas sehari-hari kadang membuat saya jenuh dan membutuhkan refreshing. Saya suka dengan pemandangan pegunungan, oleh karena itu saya memilih untuk naik gunung. Gunung Bongkok menjadi pilihan saya karena menurut informasi yang saya dapat dari teman, pemandangannya ga kalah indah dengan Gunung Parang karena dari puncak kita dapat melihat seluruh pemandangan Kabupaten Purwakarta beserta Waduk Jatiluhur.

Purwakarta memang selalu menjadi destinasi wisata saya pribadi karena merupakan kota seribu wisata. Tidak ada bosannya setiap kali menginjak kota ini selalu ada hal yang mengesankan untuk saya. Oke guys yuk kita intip ada apa sih di Puncak Gunung Bongkok, cekidot.

Gunung bongkok memiliki ketinggian 975 mdpl yang memiliki 3 puncak yaitu puncak datar 1, puncak datar 2 dan puncak batu tumpuk. Ketiga puncak ini memiliki pemandangan yang indah untuk menyejukkan mata.

Track Gunung Bongkok

Saya beserta rombongan memulai perjalanan dari pos 2 sekitar jam setengah empat dini hari hari. Sepanjang perjalanan kami hanya mengandalkan head lamp atau lampu senter untuk penerangan. Perjalanan naik ke Puncak Gunung Bongkok tidak sesulit perjalanan saat turun dari Puncak yang semakin licin karena sudah dipijaki banyak pendaki.

Track di Gunung Bongkok sangat menantang karena banyak batu besar dan licin disebabkan semalam hujan turun. Namun tidak menyurutkan langkah kaki saya untuk terus menempuh perjalanan, yang saya tahu di depan nanti Puncak Bongkok sudah menanti kedatangan saya beserta rombongan. Bagi pemula seperti saya ini merupakan tantangan besar. Kami benar-benar harus berhati-hati melewati setapak demi setapak perjalanan ke Puncak Gunung Bongkok karena tracknya yang sangat licin dan banyak bebatuan besar.

Waktu Perjalanan dari pos 2 ke Puncak Datar Satu kurang lebih sekitar satu jam, pada saat sampai ke Puncak Datar Satu matahari baru akan menampakkan diri.

Kami melanjutkan perjalanan ke Puncak Datar Dua dengan waktu kurang lebih 15 menit, di Puncak Datar Dua matahari sudah menampakkan sinarnya. Dari Puncak Datar Dua terlihat sekali pemandangan Kota purwakarta dan luasnya Waduk Jatiluhur serta pemandangan Gunung Parang yang letaknya ada di sebrang Gunung Bongkok. Di Puncak Datar Dua ini kami lebih lama stay karena pemandangannya yang indah mubazir tidak di ambil momennya.

Dari Puncak Datar Dua kami lanjut ke Puncak Batu Tumpuk dengan menempuh waktu 20 menit.

Tidak kalah indahnya Puncak Batu Tumpuk ternyata pemandangannya lebih indah seperti ada diatas awan sepanjang mata memandang awan tebal dan Puncak Gunung Salak juga terlihat dari Puncak Batu Tumpuk. Disebut Puncak Batu Tumpuk karena memang ada sususan batu tertumpuk pada puncak ini dan ada jejak telapak kaki raksasa yang konon ceritanya yaitu seorang ksatria bernama Ki Jonggrang Kalapitung yang mempunyai kesaktian untuk melompati gunung demi gunung termasuk diantaranya Gunung Bongkok.

Ternyata setiap tempat wisata mengandung sejarah, kita dapat memetik pelajaran positif dari setiap kejadian. Ini namanya jalan-jalan bermanfaat jadi jangan lupa untuk selalu menjaga kelestarian alam agar dapat lebih bermanfaat untuk anak cucu kelak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *