Story Travelling

Serunya Main Shooting Range di Jakarta

Jujur ini adalah pengalaman pertama saya coba main tembak-tembakan beneran, karena dulu ketika masih SD ada kejadian teman saya sendiri. Main tembak-tembakan pakai peluru yang kecil-kecil itu karena tidak hati-hati dan tanpa pengawasan orang tua matanya jadi sasaran oleh temannya yang lain. Oleh karena itu, saya ngeri-ngeri sedap kalau cobain main tembak-tembakan.

Eh pas remaja beda lagi nih main tembak-tembakannya pakai surat, aiiih … hahaha senyum-senyum deh siapa yang suka kirim surat lewat ekspedisi sahabat ekspress atau karena malu sama temannya taruh aja di laci mejanya si doi. hahahaha

Sekarang sudah dewasa jadi mau uji tingkat fokus di sasaran tembak, mulai dengan latihan di Range Shooting Plaza Blok M lantai 4. Pertama kali masuk areanya sudah terdengar bunyi tembakan-tembakan.

Ketika masuk langsung disambut oleh petugas Shooting Range yang ramah. Hal pertama yang akan dijelaskan oleh petugas yaitu ada dua jenis pistol disini yaitu: senapan laras panjang (Air Arm Rifle Macth) dan pistol, yang ukurannya lebih pendek. Sebenarnya saya penasaran ingin mencoba senapan laras panjang, tetapi karena antri dan waiting list sampai satu jam. Saya memutuskan untuk menggunakan pistol saja.

Paket yang ditawarkan ada paket perjam dan paket peluru, kalau paket perjam pengunjung wajib membawa perlengkapan sendiri, untuk biaya per jam di cash sebesar Rp 50.000. Karena saya tidak punya perlengkapan jadi saya membeli paket peluru.

Untuk 15 buah peluru kamu bisa membayar dengan harga Rp 35.000 dan untuk 35 buah peluru kamu cukup membayar Rp 50.000. Kalau begitu lebih murah 35 buah peluru kaaan, jadi saya pilih yang ini biar lebih puas juga mainnya. Setelah sudah menentukan pistol mana yang akan digunakan dan membayar paket yang diambil, saya mendapat 2 kertas karton yang bergambar sasaran tembak. Wooow jadi makin deg-degan nih …

Tenang kita tidak langsung dilepas begitu saja dengan petugasnya, saya diajarkan cara memasang sasaran tembak, cara memegang pistol yang benar dan prosedur keamanan lainnya. For information hati-hati ya disini tidak boleh memegang senapan/pistol ke arah orang lain dikhawatirkan masih ada peluru yang terpasang di dalam. Itu sebabnya, petugas disini sigap memperhatikan pengunjung demi keamanan bersama.

Selain itu, petugas mengajarkan bagaimana agar tembakan tepat pada sasaran. Jadi titik target harus ada tepat di tengah bidikan. Alhamdulillah tidak ada kesulitan untuk dapat melihat bidikan target, karena mata saya tidak ada minus/plus jadi sangat jelas. Hanya saja untuk memegang senapannya agak berat, jadi kalau terlalu lama membidik maka tangan akan goyang dan tembakan kabur dari sasaran.

Setelah menembak pada sasaran coba kamu cek, Apakah sasaran kamu sudah tepat pada sasaran? ataukah malah tidak sesuai target, tinggal tekan tombol yang ada di meja.

Fungsinya untuk menarik karton sasaran bidik tadi untuk dapat melihat hasilnya. Jika sudah mengetahui dan ingin mengembalikan karton ke tempat semula tekan arah sebaliknya.

Sedikit tips dari saya, kalau kamu mau coba latihan ini harus benar-benar fokus pada sasaran dan perhatikan keseimbangan tangan. Karena cara memegang pistol sangat menentukan arah tembakan. Tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa gaya memegang pistol, apakah dengan satu tangan atau menggunakan dua tangan. Supaya mengetahui nyamannya kamu dan dapat langsung tahu hasilnya.

Ohyaaa main bareng sama team atau genk lebih seru lagi karena bisa tanding nih siapa yang lebih jago dan siapa tahu temen ternyata sudah ada yang expert wah kesempatan bisa sharing bareng-bareng.

Shooting Range Plaza Blok M
Plaza Blok M lantai 4
Jalan Bulungan No.76
Kramat Pela, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan
Telp: 0217209288

38 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *